Pesona Danau Coblong Dengan Keindahan Alamnya

  • Mar 30, 2023
  • Admin Tajur-Citeureup

09 Desember 2020 -

Tajur,

Setiap daerah di indonesia ini memiliki potensi wisatanya masing-masing, bahkan ada yang memiliki potensi besar namun belum tersentuh sehingga belum mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Desa tajur dengan luas wilayah sekitar 15.563 Hektar dan jumlah penduduk kurang lebih 14,000 jiwa ini memang masih memiliki banyak sekali lahan dan tempat2 yang bisa dimanfaat oleh masyarakat sekitar. 

Salah satunya adalah danau coblong,

Berada sekitar 6 Km dari Kantor Desa Tajur Danau Coblong Menjadi sebuah tempat yang tersembunyi, Berada di ketinggian sekitar 262 Meter diatas permukaan laut, Menjadikan danau coblong sebuah tempat yang sangat nyaman dengan pemandangan ladang yang luas dan hebusan angin yang tak henti mengiringi menambah suasana pegunungan asli begitu terasa ditempat ini.

Belum adanya akses yang bisa dilalui oleh kendaraan biasa menjadikan danau coblong tetap nyaman dengan kesunyiannya,

Saat ini akses menuju danau tersebut menggunakan jalur yang dibuat oleh petani setempat, dan jalur ini juga menjadi jalur penghubung antar kp.lewibilik dan kp.Parung ponteng saat ini. jalur yang setiap akhir pekan ramai di lalui kendaraan gunung roda dua maupun roda emapat ini, menambah sulitnya masyarakat umum melalui jalur ini. Namun ini juga yang menjadikan danau coblong selalu terjaga dari sampah dan polusi.

Sekedar informasi bahwa jalan ini sebelumnya memang digunakan oleh warga kp.parungponteng dan warga kp.kocokan/coblong sebelum akhirnya warga kp.parungponteng memilih menggunakan jalan lain, dan kp.coblong/kocokan sendiri saat ini sudah tidak ada lagi, lokasi kedua kampung ini sendiri yang saat ini menjadi danau coblong.

Dari atas danau coblong, Vidio danau coblong kita dapat melihat gagahnya gunung pancar, gunung pangrango, dan gunung hambalang selain juga gunung karang yang ada dibelakang perjalanan menuju danau ini.

Kita semua berharap lokasi sekitar danau ini akan tumbuh lebih banyak lagi pohon-pohon besar, seperti dahulu sebelum perginya warga coblong/kocokan.

Bagi anda yang ingin melihat ataupun sekedar melepaskan penat dengan berkunjung kewilayah pegunungan ini, bisa melalui Kp.Leuwibilik/Kp. Parungponteng tentu dengan berjalan kaki, dan dipandu oleh warga sekitar. jaraknya sekitar 2.km perjalanan. dan kami jamin jarak tersebut akan tidak terasa dengan suasana khas perkrbunan menuju danau tersebut.