Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Desa Tajur -- selengkapnya...

Artikel

Perubahan paska pembangunan.

07 April 2021 01:32:29  Admin  184 Kali Dibaca  Berita Desa

Perubahan sosial dalam masyarakat sudah bisa dipastikan akan terjadi akibat dari pembangunan di suatu wilayah desa, kesempatan baru dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat setempat berjalan seiring dengan segala akibat positif dan negatif dari pembangunan tersebut. Hal ini berarti pembangunan tidak hanya mampu memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan, tetapi juga menimbulkan perubahan sosial dan budaya terhadap masyarakatnya, baik pola hidup maupun masalah-masalah sosial lainnya. Sebagai rangkaian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembangunan harus dilakukan secara terus menerus dengan melibatkan masyarakat sebagai objek sekaligus subjek.

Sesuai dengan semangat otonomi daerah yang mengikutsertakan masyarakat, tentu perlu kemauan yang kuat dari pemerintah dalam hal ini desa melalui perencanaan yang baik dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan didesa tersebut, adalah sebuah hal yang mustahil pemerintahan desa melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri harus mengerjakannya seorang diri.

industrialisasi pada masyarakat agraris merupakan salah satu contoh perubahan sosial yang tingkat pengaruhnya besar pada sendi-sendi dasar kehidupan manusia. Secara umum, perubahan tersebut membawa
pengaruh besar pada sistem dan struktur sosial, Proses industrialisasi merubah pola hubungan kerja tradisional menjadi modern rasional.

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan pada hakekatnya adalah pemberdayaan masyarakat, keikutsertaan masyarakat dalam proses pembangunan merupakan proses untuk membuat masyarakat berdaya memperbaiki kehidupan mereka. Dorongan dan gagasan awal dalam memberikan kesempatan masyarakat untuk ikut dalam proses pembangunan ini menjadi tanggung jawab pemerintah desa dalam menginisiasi, mendukung, dan merencanakan secara bersama kegiatan apa yang dapat dijadikan peluang selain pengembangan sumber daya manusia yang menjadi sasaran utama kegiatan tersebut.

Modul Pemberdayaan Masyarakat.

 

Baca Juga:
 
 

Bimtek Penyusunan Dan Penetapan Program Samilyar Sadesa (SAMISADE)e

Serah Terima Ruangan BPD, Dan LPM.

Jelang Tutup Tahun Kader Posyandu dan PKK Laksanakan Kerja Bakti!!!

Pemerintahan Desa Tajur Beserta Bumdes Genjot Pengembangan Desa Wisata Di Kp.Leuwibilik !!!

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Vidio

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Galerry

Profile Desa Tajur

Sinergi Program

DAFTAR CALON PENERIMA RUTILAHU
Tes sinergitas program
Pendaftaran UMKM

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:90
    Kemarin:359
    Total Pengunjung:75.427
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.65.63
    Browser:Tidak ditemukan