• Jl.Raya Tajur - Leuwibilik Km.1 Rt 004RW001 Citeureup16810
  • Tajur.citeureup16810@gmail.com
INFO

BUMDesa Tajur Asa Mandiri

20 Oktober 2020 Admin Dibaca 2.145 Kali
    1. PENDAHULUAN

    Berangkat dari dibentuknya Kementrian Desa,dimana Desa dituntut mandiri sehingga bisa membiayai desanya sendiri dengan usaha – usaha yang digerakkan dari Desa,Pemerintah hanya memberikan Stimulus- stimulus guna mendorong kemandirian desa.Salah satu program yang digaungkan Pemerintah salah satunya perlu adanya Badan Usaha Milik Desa atau lebih dikenal dengan nama BUMDES,BUMDES ini dapat berjalan apabila SDM Dan kelengkapan- kelengkapan di dalam BUMDES tersebut juga sudah bisa dibentuk,serta dengan adanya jalinan kerja sama dengan berdirinya Badan Usaha Milik Desa dilandasi oleh UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa,Peraturan Pemerintah ( PP ) No. 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksana Undang- Undang No.6 Tentang Desa.Pendirian Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) ini disertai dengan upaya penguatan kapasitas dan didukung oleh kebijaksanaan Daerah ( Kabupaten/ Kota ) yang ikut memfasilitasi dan melindungi usaha masyarakat Desa dari ancaman persaingan para pemodal besar.mengingat Badan Usaha Milik Desa merupakan lembaga ekonomi baru yang beroperasi di Pedesaan,maka masih dibutuhkan landasan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang.Pembangunan landasan bagi pendirian BUMDES adalah Pemerintah,baik Pusat maupun Daerah.

    Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) dalam operasionalisasinya ditopang oleh lembaga moneter Desa ( bidang pembiayaan ) sebagai bidang yang melakukan transaksi keuangan berupa seperti penyewaan Gedung Balai Desa dan Pengelolahan Tempat Jualan diareal Ruko jl.raya tajur/ciplak /simpan pinjam dan usaha mikro serta Pengelolaan Sampah.Jika kelembagaan Ekonomi kuat dan ditopang kebijakkan yang memadai,maka pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pemerataan distribusi aset kepada rakyat secara luas akan mampu menanggulangi berbagai ekonomi di pedesaan.Tujuan akhir pendirian BUMDES diharapkan menjadi pioneer dalam menjembatani upaya penguatan ekonomi di pedesaan.

    Didalam Undang- Undang No.6 Tahun 2014 Tentang Desa juga disinggung Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disebut BUMDES,Adalah Badan Usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dai kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset,jasa pelayanan,dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.Didalam Undang- undang No.6 Tahun 2014 terdapat 4 pasal yang menjelaskan mengenai BUMDesa yang mana masing- masing pasal terdiri atas:

    1. Pasal 87 mengenai semangat yang melandasi pendirian dan pengelolaan BUMDesa.
    2. Pasal 88 mengenai pendirian BUMDesa.
    3. Pasal 89 Mengenai manfaat berdirinya BUMDesa.
    4. Pasal 90 Mengenai arah pengembangan bisnis BUMDesa yang bermanfaat bagi masyarakat Desa.

    Dari UU No.6 Tahun 2014 dapat disimpulkan bahwa BUMDesa saat ini diharapkan memegang peranan penting dalam pengembangan potensi Desa khususnya dalam mengelola keuangan Desa yang ada di wilayahnya.

    Landasan hukum mengenai keberadaan tata kelola BUMDesa semakin diperjelas oleh Pemerintah dengan keluarnya permendesa No. 4 Tahun 2015 mengenai BUMDesa.Di dalam Permendesa No. 4 Tahun 2015 dijelaskan secara lebih terperinci mengenai proses pendirian BUMDesa,siapa saja yang berhak mengelola BUMDesa,permodalan BUMDesa,jenis-jenis usaha yang diperbolehkan,sampai dengan pelaporan dan pertanggung jawaban pelaporan BUMDesa diatur dalam permendes ini.

     

    1. MAKSUD DAN TUJUAN

    Maksud Pembentukan BUM Desa agar potensi sumber daya manusia, ekonomi, pasar, sosial, budaya dan alam mampu dikelola sebesar besarnya oleh desa Khusus meningkatkan pendapatan asli desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lalang pada umumnya dan masyarakat miskin di Wilayah Dusun pada khususnya.

    Tujuan Pembentukan Badan Usaha Milik Desa adalah :

    1. Menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam pemanfaatan potensi dan sumber daya alam yang ada secara optimal, lestari, dan berkelanjutan, serta meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat dan desa agar secara bertahap mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri;
    2. Menyediakan Prasarana dan Sarana dasar yang mendukung peningkatan usaha ekonomi dan pendapatan masyarakat perdesaan;
    3. Meningkatkan dan mengembangkan Usaha Ekonomi Mikro sesuai potensi dan sumberdaya lokal dan pengurangan pengangguran dengan pemberian suntikan modal uasaha; dan
    4. Meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan infrastruktur dan sosial ekonomi melalui rangkaian musyawarah pembangunan dari tingkat dusun hingga ke tingkat desa.

    .

    • PEMBENTUKAN BUM DESA

    Berdasarkan Pasal 132 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dilakukan melalui Musyawarah Desa dan ditetapkan dengan Peraturan Desa, hasil Musyawarah Desa tajur yang dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2020 bertempat di Balai Desa Tajur disepakati untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Nama BUM Desa yang didirikan ditetapkan melalui musyawarah Desa.Kantor BUM Desa berkedudukan di Desa tajur Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.

     

    1. NAMA BUM DESA

    Berdasarkan Hasil Musyawarah Desa disepakati nama BUMDES di Desa tajur Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor ini diberi nama ”BUMDES TAJUR “ASA MANDIRI” dengan unit usaha yang dilakukan yaitu :

    1. Penyewaan Gedung Balai Desa.
    2. Perdagangan & usaha Micro
    3. Pengelolaan Sampah.
    4. Pelayanan Jasa antara lain, Percetakan PPOB, Listrik Desa dan jenis lainnya.

     

    ”BUMDES TAJUR “ASA MANDIRI” ini mempunyai Visi  ”MENJADIKAN MASYARAKAT DESA TAJUR YANG MANDIRI UNTUK BERWIRAUSAHA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN BERAZAZKAN GOTONG ROYONG UNTUK TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG SEJAHTERA DAN MENGENTASKAN KEMISKINAN”.

     

    Misi BUM Desa BUMDES TAJUR “ASA MANDIRI” Desa TAJUR Kecamatan CITEUREUP, Mendorong Berkembangnya Usaha – usaha Untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat.

    1. Memberikan jasa / pelayanan pada masyarakat.
    2. Menjaga mutu pelayanan.
    3. Menampung seluruh usaha – usaha kegiatan perekonomian yang ada.
    4. Mendorong dan memfasilitasi peroses penguatan kelembagaan usaha.
    5. Menciptakan ruang dan peluang terhadap upaya pemberdayaan masyarakat miskin untuk meningkatkan kesejahteraan.
    6. Meningkatkan kemampuan kelembagaan masyarakat dalam mengelola kegiatan usaha dan pertanggungjawaban keuangan.

     

    1. PERMODALAN DAN PENAMBAHAN MODAL
    1. PERMODALAN BUM DESA

    Sumber permodalan BUM Desa BUMDES TAJUR “ASA MANDIRI” Desa TAJUR berasal dari :

    1. Kekayaan /asset Desa yang diserahkan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang udangan tentang asset desa.
    2. Hibah dari pihak Swasta, lembaga social ekonomi kemasyarakatan dan / atau lembaga donor yang disalurkan melalui mekanisme APB Desa.
    3. Tabungan masyarakat berupa dana bergulir yang berasal dari kegiatan program / proyek yang sudah diserahkan kepada masyarakat.
    4. Bantuan Pemerintah daerah, Provinsi, dan Pemerintah pusat.
    5. Sumber lain yang sah sesuai dengan peraturan perundang undangan termasuk penyertaan modal dari pihak ke tiga.
    6. Pinjaman melalui lembaga keuangan perbankan atau lainya yang pengaturan pinjamanya dilakukan oleh atau atas nama Pemerintah Desa yang diatur dalam peraturan desa.

     

    1. PENAMBAHAN PERMODALAN BUM DESA

    Modal tambahan adalah sumber dana yang diperoleh BUMDesa BUMDES ASA MANDIRI Desa TAJUR dari sumber surplus usaha yang pengaturanya diatur dalam Anggaran Rumah Tangga (ART).

     

    1. KEPENGURUSAN BUMDES

    Dalam kegiatan harian pengelolaan harus mengacu pada tata aturan yang sudah disepakati bersama sebagaimana yang telah tertuang dalam AD/ART BUMDES,serta sesuai prinsip-prinsip tata kelola BUMDES.Semoga kedepannya BUMDES bisa semakin berkembang sehingga dapat mencapai sesaran utamanya yakni kemajuan dan kemakmuran masyarakat Desa yang makmur dan sejahtera.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar